BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 22 Oktober 2009

WORM SMARTPHONE PALING BERBAHAYA


Kaspersky Lab mencatat, saat ini ada paling sedikit lima keluarga malware (program jahat) yang paling membahayakan para pengguna smartphone, karena malware-malware itu memilki teknologi cukup tinggi.

Malware-malware tersebut adalah :

1.Worm.WinCE.InfoJack

Malware ini sangat berbahaya karena bisa menginfeksi smartphone dengan menyusupkan diri ke aplikasi-aplikasi yang hendak diinstal pengguna. Setelah aplikasi itu selesai diinstal pada smartphone, Worm.WinCE.InfoJack ikut bersarang dalam smartphone itu jika pengguna tidak menginstal antiviris yang tangguh.

2.Worm.WinCE.PMCryptic

Malware ini sangat berbahaya karena bisa menyebar cepat melalui kartu memori. Sebuah smartphone bisa terinfeksi Worm,WinCE.PMCryptic apabila smartphone itu digunakan untuk mengakses kartu memori yang sudah terinfeksi Worm.WinCW.PMCryptic dari smartphone lain yang sudah lebih dulu terinfeksi.Worm.WinCE.PMCryptic juga bisa berevolusi menjadi malware bentuk lain.

3.Worm.SymbOS.Beselo

Malware ini sangat berbahaya karena bisa menyebar melalui Bluetooth dan MMS. Ketika sebuah smartphone terinfeksi Worm.SymbOS.Beselo, smartphone itu mengirim file berisi Worm.SymbOS.Beselo ke smartphone lain yang koneksi Bluetooth-nya terbuka atau melalui MMS ke nomor-nomor smartphone yang ada dalam daftar kontak smartphone yang terinfeksi.

4.Worm.SymbOS.Yxe

Malware ini sangat berbahaya karena bisa mnyebar bukan melalui Bluetooth ataupun MMS atau kartu memori, melainkan melalui SMS. Sebuah smartphone yang terinfeksi Worm.SymbOS.Yxe mengirim SMS kepada orang-orang di daftar kontak untuk membuka situs tertentu. Ketika situs situs dibuka, smartphone terancam infeksi Worm.SymbOS.Yxe.

5.Trojan-SMS.Python.Flocker

Malware ini sangat berbahaya karena ketika sebuah smartphone terinfeksi Trojan-SMS.Python.Flocker, smartphone itu secara diam-diam (tanpa sepengetahuan pengguna) mengirimkan SMS ke layanan-layanan premium. Akibatnya, tanpa pengguna sadar tagihan layanan selulernya tiba-tiba membengkak tidak terkendali.



SUMBER : Koran Media Indonesia

0 komentar: