BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 18 November 2009

Asap Rokok Penyebab Kanker Paru pada Pria..


Asap Rokok Penyebab Kanker Paru pada Pria..


Kanker paru-paru yang menimpa masyarakat Indonesia lebih banyak di sebabkan asap rokok.bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa kanker paru-paru yang disebabkan asap rokok menduduki posisi tertinggi di Indonesia.

Risiko kanker yang muncul dari kebiasaan dan pola hidup yang buruk dari masyarakat menujukkan tren yang terus meningkat.

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) DAN Bank Dunia, pada 2005 kanker menjadi penyebab kematian tertinggi setelah penyakit yang menyerang peredaran darah (cardio vascular disease). Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2005, kanker menjadi penyebab kematian ketujuh atau 5,7% di Indonesia. Sebuah riset yang digelar pada 2005-2007 bahkan menyebutkan sebesar 13,7% kanker pada pria adalah kanker paru-paru, dan 28,7% kanker pada perempuan adalah kanker payudara.

Korea bisa menjadi negara yang dipatut dicontoh dalam upaya mengurangi perokok berskala nasional. Pada tahun 1980 angka perokok dewasa di Korea mencapai 79,3%.Namun, jumlah perokok itu mengalami penurunan hingga 41,1% pada 2009. Keberhasilan menurunkan jumlah perokok dewasa dengan cepat selama 20 tahun lebih ini tentu tidak lepas peran aktif pemerintah Korea. Yang paling aktif adalah dengan menaikkan pajak rokok. Dengan demikian masyarakat akan semakin sulit untuk mendapatkan rokok.

Sumber : Koran Media Indonesia

0 komentar: